Tutorial Menyelesaikan Soal Kecepatan Relativ


Di kelas XII sekolah menengah semester genap, guru-guru fisika akan berhadapan dengan materi fisika modern. Salah satunya adalah materi Kecepatan Relativ. Ini materinya gampang-gampang susah, sangat tergantung kepada sikon kelas. Terkadang sang guru jago banget plus sangat menguasai konsepnya, ditambah semangat sangat saat menyampaikan materinya...eh para siswanya dieem aja dengan pandangan memelas mengharap pertolongan.. wuah macam lagi gimana gitu.
Terkadang lagi siswa-siswanya sangat bersemangat penuh gairah belajar, malah gurunya yang kesulitan memindahkan ide dan pikirannya tentang materi ke siswa, kaya ada penghalang gitu. Hal-hal gini membuat hasil belajar gak maksimal.
Iya..benar, sekarang kan gak lagi zamannya teacher center, sekarang siswa yang harus lebih aktif. Tapi kan siswa butuh arahan terhadap informasi-informasi yang telah digalinya. Ibaratnya gini..siswa udah punya pasir, semen, air, batu bata..Nah untuk meletakkan itu semua pada posisi yang bener, disitulah guru bekerja.
Kembali ke Relativitas..Beberapa rekan guru mengaku kebingungan dalam memahami materi, dan beberapa lagi mengaku kesulitan menyampaikan materi, dan beberapa lagi mengaku bingung saat memandu siswa menyimpulkan hasil informasi tentang materi...jadi bingung di saat mencari jalan keluar atau titik temu dari pemahaman siswa yang berbeda. 
Untuk ada sedikit tip yang semoga bermanfaat, khususnya bagi guru fisika dalam menyampaikan materi kecepatan relativ..check this out
Pada materi kecepatan relativ yang didalamnya ada rumus (ini dia yang buat bingung) Pak Einstein. Disana ada dua kerangka yang harus kita tentukan. Kerangkan Diam, dan Kerangka Bergerak. Kerangka kerangka ini kadang-kadang membuat siswa, bahkan guru (saat mempelajari materi di malam harinya ;) ) kebingungan. 



Yang sering membuat bingung adalah menentukan yang mana kerangka yang diam (s), yang mana kerangka bergerak (s') disaat menjawab soal....misal untuk soal 
Dua pesawat A dan B bergerak dalam arah berlawanan. Seorang pengamat di bumi mengukur bahwa kelajuan pesawat A adalah 0,7dan kelajuan pesawat B adalah 0,8c. Tentukan kelajuan B relatif terhadap A !
 
Kita harus menentukan dulu yang mana s dan s' nya.
s  = pengamat yang di bumi
s' = pesawat A
Dari soal diketahui bahwa u = -0,7c (kenapa minus ?) dan v = 0,8c, dan yang ditanyakan v' nya














Jadi gampang kan..yang harus diingat, tentukan dulu yang mana kerangka diam (s) dan kerangka bergeraknya (s'). Demikian..semoga bisa membantu yang sedang kesulitan




untuk memudahkan, mari kita simak video berikut

Comments

Popular posts from this blog

PEMBUKTIAN RUMUS ENERGI KINETIK

Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2019 Nomor 1-5

HUKUM BIOT-SAVART